Minggu, 27 Maret 2011

cara membuat halaman penuh pada artikel tertentu



Kali ini pandaun sukses blogger membahas cara membuat halaman penuh pada artikel tertentu. mungkin anda pernah menemukan suatu blog yang artikel nya tampil penuh, dengan sidebar kiri atau kanan tidak di munculkan saat kita klik salah satu artikel di blog tersebut.untuk membuat nya mudah-mudah gampang, hehehe. pertama, terlebih dahulu anda cari tahu lebar dari content-wrapper yang anda miliki sekarang. pada umumnya lebar untuk halaman Kontent, terdiri dari #content-wrapper yang kemudian di bagi menjadi dua bagian, yaitu #main-wrapper dan #sidebar-wrapper. yang #main-wrapper ini berpungsi untuk tempat halaman posting atau artikel kita. dan #sidebar-wrapper ini adalah tempat kita menyimpan widget semacam asesories.

Nah jika lebar
#content-wrapper{ width:920px;...... }
#main-wrapper{ width:580px;........}
#sidebar-wrapper{ width:300px;.....}
Jadi lebar dari area postingan 580px di tambah 300px sama dengan 880px;. berarti masih ada sisa 40px dari 920px, sisa 40px tersebut di gunakan untuk margin atau jarak kiri dan kanan content dan sidebar.

Nah tujuan kita disini adalah membuat halaman main-wrapper menjadi penuh. supaya halaman main-wrapper menjadi penuh mau tidak mau tentu halaman sidebarnya kita hilangkan. dan ukuran sidebar tersebut kita tambahkan ke lebar main-wrapper, untuk menampilkan main-wrapper manjadi penuh dan sekaligus menghilangkan sidebar tersebut kita menggunakan id pemanggilan.

Berikut ini id pemanggilan nya.

<b:if cond='data:blog.url == &quot;http://alamatURLtampilpenuh.com&quot;'>
<style>
#sidebar{display: none !important;}
#main-wrapper{width: 880px;} 
</style>
</b:if>
Nah dari id pemanggilan tersebut kalau kita baca dengan bahasa manusia lebih kurang seperti berikut. Untuk data blog url yang beralamat http://alamatURLtampilpenuh.com, saya tampilkan penuh dengan ukuran#main-wrappernya menjadi 880px, dan untuk #sidebar-wrapper kamu saya hilangkan (sembunyikan). kasian deh kamu...

Langkah berikutnya penempatan kode tersebut kedalam tamplate kita.
  • Login ke blogger
  • Rancangan
  • Edit HTML
  • Cari kode </head>
  • Kemudian letakkan kode tersebut di atas </head> seperti contoh di bawah ini.
    <b:if cond='data:blog.url == &quot;http://alamatURLtampilpenuh.com&quot;'>
    <style>
    #sidebar{display: none !important;}
    #main-wrapper{width: 880px;}
    </style>
    </b:if>
    </head>
  • Simpan tempalate anda...
  • Selesai.....
Catatan:
  • Ganti tulisan yang berwarna merah dengan alamat URL yang ingin anda tampil penuhkan.
  • untuk berwarna biru adalah cara menghilangkan sidebarnya.
    dan berwarna merah tebal ganti dengan ukuran lebar yang sudah anda perhitungkan sebelumnya.
Untuk penjabaran di atas adalah sebagai contoh, anda tidak harus mengikuti ukuran lebar tersebut. silahkan anda edit sendiri biar pas dengan tamplate yang anda punya. semoga artikel ini bermanfaat dan salam sukses......

cara membuat halaman penuh pada artikel tertentu, cara memasang halaman penuh pada artikel tertentu, langkah membuat halaman penuh pada artikel tertentu, trik halaman penuh pada artikel tertentu di blogspot, tutorial memasang halaman penuh pada artikel tertentu pada blog, halaman penuh pada artikel tertentu, tip dan trik halaman penuh pada artikel tertentu pada blogger.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar